Presentasi Progres Prodi Percepatan UMM

Kamis, 13 Februari 2020 06:36 WIB

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Akreditasi dan Pemeringkatan UMM menyelenggarakan presentasi progress report hasil penyusunan dokumen tambahan Thread Starter (TS) untuk Program Studi (Prodi) yang mengajukan percepatan (13/2). Kegiatan yang dilaksanakan di GKB IV lantai 4 itu diikuti oleh diikuti sebanyak 12 Program Studi (Prodi). Surya Anoraga selaku Kepala UPT Akreditasi dan Pemeringkatan serta Warsono selaku Sekretaris turut hadir membuka kegiatan itu. 

Surya Anoraga menyampaikan bahwa presentasi itu dilaksanakan dalam rangka mencari solusi bersama atas masalah-masalah yang dialami masing-masing Prodi.Kebijakan Fakultas yang banyak memegang dokumen TS sehingga banyak terjadi kesalahan. Acara itu diselenggarakan untuk mencoba mendiskusikan masalah yang muncul di fakultas. Setiap pimpinan fakultas harus melihat dan mengecek bersama-sama dokumen tambahan TS itu. Koreksi dan evaluasi ketika ada hal yang kurang maka akan dipantau oleh tim UPT Akreditasi dan Pemeringkatan. “Harapannya setelah kegiatan itu setiap prodi dapat merevisi dan memberi masukan pada dokumen yang masih kurang, karenanya setiap prodi harus meninggalkan satu perwakilannya untuk mencatat perkembangan diskusi sampai selesai,”imbuhnya.  

Warsono menjelaskan mekanisme presentasi yaitu  Ketua Kaprodi atau yang mewakili mempresentasikan dokumen TS yang telah disusun bersama dengan pendamping. Setelah presentasi dilakukan oleh Kaprodi akan ada review yang dilakukan oleh pendamping. Waktu paling lama dalam presentasi yaitu  satu jam. Hasil review dapat direvisi dan dilengkapi kekurangannya serta dilakukan cek plagiasi oleh Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah (LPPI). “Setelah kegiatan presentasi dari seluruh prodi selesai, file yang sudah di revisi paling final akan dilakukan cek plagiasi dan maksimal plagiasi adalah 30%,” tandasnya. *yun

Shared: