Beri Edukasi Lingkungan melalui Penanaman 1000 Pohon

Selasa, 18 Februari 2020 14:31 WIB

KKN 36 UMM bekerjasama dengan TNI-Polri menggelar penanaman 1000 pohon (10/2). Sebanyak 850 pohon sengon dan 150 pohon mangga ditanam di Hutan Desa Campurdarat. Ikut hadir dalam kegiatan mahasiswa bimbingan Syariful Alam tersebut Komandan Rayon Militer (Danramil) 0807/09 Kapten Czi. Sunarto, Wakil Kepala Polisi Rayon Sektor (Wakapolsek) Ipda Jury, perangkat desa, dan masyarakat sekitar Hutan Desa.

Kapten Czi. Sunarto selaku Danramil mengungkapkan, penghijauan penting dilakukan mengingat krisis iklim yang kian parah. Oleh karena itu penanaman pohon di Hutan Desa merupakan bentuk aksi dari mahasiswa KKN dan pemerintah dalam memberikan edukasi lingkungan kepada masyarakat. Adanya edukasi tersebut diharapkan masyarakat juga ikut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan. “Menanam hari ini memang tidak bisa memetik manfaatnya hari ini juga. Oleh karenanya, pengelolaan dan perawatan yang berkelanjutan perlu dilakukan agar anak cucu kita bisa merasakan hasilnya,” jelasnya.

Dian Wahyu Saptoto selaku Pelaksana tugas sekaligus Kepala Desa Campurdarat memaparkan, penghijauan Hutan Desa yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN  memabntu pemerintah desa dalam menjaga keberlangsungan fungsi hutan. Hutan desa berfungsi sebagai daerah tangkapan air dan menjaga keseimbangan ekosistem. “Pelibatan masyarakat dalam kegiatan ini secara tidak langsung memberikan pemahaman bagaiamana menjaga lingkungan, supaya hutan tidak dimanfaatkan hasilnya saja tapi juga dijaga kelestariannya,” ungkapnya.

Adilla Risky Dhewanta selaku Koordinator Desa (Kordes) menjelaskan, bibit sengon diperoleh dari hasil kerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Tulunggagung. Sedangkan bibit mangga diperoleh dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian Pasuruan. Selain ditanam di hutan desa, bibit juga dibagikan ke masyarakat dan ditanam di tiga lembaga pendidikan, yaitu Madrasah Ibtida’iyah (MI) Ma’dinul Ulum, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 5, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Campurdarat. “Semoga dengan adanya kegiatan penanaman ini hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat setempat,” harap mahasiswa Jurusan Akutansi tersebut. 

Shared: